loading...

Lowongan Mentor Ahli RIA untuk Biro Hukun & Kerjasama BNPB, Jakarta

Mentor Ahli Regulatory Impact Analysis (RIA)
Untuk Biro Hukum dan Kerjasama BNPB
 
CDSP - AIFDR
 
1. Latar Belakang
Sebagai lembaga penyelenggara urusan pemerintah di bidang penanggulangan bencana (PB), salah satu mandat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sesuai peraturan perundang-undangan adalah untuk menyelenggarakan kebijakan yang terkait dengan kewenangannya. Di tengah dinamika PB yang terus berkembang dan pembenahan sistem yang masih terus berjalan, tantangan dan tuntutan publik agar BNPB dapat menyelenggarakan kebijakan yang tepat dan efektif di bidang PB terus meningkat. 
 
Dengan dukungan kemitraan bilateral Australia – Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) melalui program asistensi teknis Capacity Development Support Program (CDSP) yang saat ini dilaksanakan di Biro Hukum dan Kerjasama (BHK) BNPB, sedang diinisiasi penguatan kapasitas dalam hal penyelenggaraan kebijakan PB, khususnya dalam hal analisis dampak atas suatu kebijakan. Dalam hal ini, salah satu metode yang dipilih untuk pembelajaran adalah dengan menggunakan Regulatory Impact Analisys (RIA). RIA adalah pendekatan sistematis untuk menilai dampak dari kebijakan yang diusulkan, yang sedang berlaku dan alternatif non kebijakan lainnya (OECD, 2012). Bagi BHK-BNPB sendiri, dengan penerapan RIA memungkinkan untuk melakukan kajian kebijakan yang lebih komprehensif, berbasis pembuktian dan akan meningkatkan mutu dalam pembuatan keputusan kebijakan. Oleh karena itu, dibutuhkan ahli kebijakan yang berpengalaman dalam penggunaan RIA untuk pengambilan keputusan kebijakan dan mampu menjadi Mentor Ahli untuk ditempatkan di BNPB.
 
2. Tujuan
 Memperkuat kapasitas BNPB dalam penguasaan analisis dampak kebijakan publik untuk penanggulangan bencana di Indonesia dengan menggunakan metode RIA.
 
 
3. Tugas dan Tanggung Jawab
Mentor Ahli RIA akan terlibat dalam keseluruhan kegiatan pada Ouput 1:BNPB mampu mengkaji kebijakan publik menggunakan metode RIA”. Kegiatan asistensi teknis untuk Biro Hukum dan Kerjasama yang sudah dirancang untuk tahun 2013-2014. 
 
Mentor Ahli RIA akan mendukung Konsultan Disaster Management Legal Drafting Specialiast dan tim yang dibentuk Biro Hukum dan Kerjasama BNPB untuk:
 
1.      Menyusun rencana kerja pelaksanaan Output;
2.      Mengembangkan modul pelatihan RIA;
3.      Memfasilitasi pelatihan RIA berdasarkan modul yang telah disusun dan disepakati;
4.      Mendampingi pelaksanaan rencana tindak lanjut pelatihan dan;
5.      Terlibat dalam menyusun pembelajaran penerapan metode RIA bersama BNPB.
 
 
4. Kriteria
Kualifikasi utama
1.      Berpendidikan minimal S1.
2.      Pengalaman kerja keseluruhan 10 tahun di bidang kebijakan publik pada umumnya dan minimal 3 tahun dalam penggunaan metodologi RIA.
3.      Memiliki keterampilan analisis, analisis wacana, kompilasi data, penyusunan laporan dan presentasi.
4.      Menguasai pengetahuan secara memadai tentang penggunaan RIA di lembaga pemerintah Indonesia.
5.      Memiliki pemahaman memadai tentang kebijakan PB di Indoesia.
 
Kualifikasi umum
1.      Memiliki keterampilan berkomunikasi dan fasih berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
2.      Mampu mengoperasikan piranti lunak Microsoft Office dan Internet.
3.      Perhatian terhadap hal-hal yang rinci.
4.      Mampu bekerja dibawah supervisi minimum.
 
Kualifikasi tambahan
1.      Berpengalaman melakukan pembimbingan (coaching) untuk program pengembangan kapasistas maupun fasilitator pendidikan/pelatihan setidaknya selama 5 tahun.
2.      Memiliki pengalaman bekerja sama dengan lembaga/pejabat pemerintah, lebih disukai jika juga berpengalaman bekerja dengan lembaga donor.
 
5. Informasi Terkait Lainnya
Posisi ini adalah posisi dengan basis kontrak selama 3 (tiga) bulan, berbasis output, dan secara reguler kemungkinan akan diperlukan untuk bertemu baik dengan Konsultan AIFDR di BNPB dan atau BNPB Jakarta.
 
Bagi Anda yang tertarik dan sekiranya memenuhi kriteria di atas, dapat mengirimkan surat lamaran dengan memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa Andalah yang paling cocok untuk posisi ini, mengirimkan Curriculum Vitae dengan jumlah halaman tidak lebih dari 4 (empat) halaman sekaligus berisi setidaknya tiga orang referensi beserta kontaknya. 

Kirimkan surat lamaran lengkap tersebut melalui email ke: hrhklogistics@yahoo.com dengan menuliskan  Aplikasi – Mentor Ahli RIA  – <Nama> pada subyek emailnya. Lamaran ditunggu paling lambat tanggal 19 Februari 2014. Surat lamaran yang terlambat dan tidak lengkap tidak akan diproses lebih lanjut. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dihubungi untuk diwawancara di Jakarta.