loading...

Request for Applications No. IUWASH Grant RFA No. 2013-CJ-004, Jawa Tengah

Issuance Date: October 31, 2012
Pre-Application Meeting: November 18, 2013
Site Location Visit: November 18 – 29, 2013
RFA Clarification Questions Due: November 18, 2013
RFA Response to Clarification Due: December 2, 2013
Proposal due date and time: December 12, 2013 at 4:00 pm WIB 

Project Title: Establishing and/or Developing Cooperation between Customers Forum and PDAMs in 6 Cities/Districts
Sebagai bagian dari Program Hibah, IUWASH membuka Request for Application (RFA) untuk Program Peningkatan Partisipasi Pelanggan PDAM. Dukungan berbagai pihak terutama Kepala Daerah selaku pemilik PDAM dan pelanggan selaku pihak yang menerima manfaat dari kegiatan PDAM dapat meningkatkan kualitas pelayanan PDAM. Setiap perubahan kinerja baik peningkatan maupun penurunan, pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat pelayanan PDAM dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM.

Dukungan pelanggan hanya dapat dibangun dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara PDAM dengan pelanggan. Komunikasi yang baik akan menciptakan kondisi saling memahami kebutuhan, keinginan dan tantangan masing-masing pihak, yang pada akhirnya akan bermuara pada sikap partisipatif pelanggan untuk bekerja sama dan mendukung peningkatan kualitas PDAM.

Untuk meningkatkan partisipasi pelanggan PDAM, idealnya tersedia suatu sistem komunikasi yang terprogram dengan pembagian peran dan tanggung jawab pihak-pihak yang terlibat, serta dilengkapi dengan rencana tindak lanjut yang mengarah kepada perbaikan pelayanan. Sebuah wadah atau forum tempat pihak PDAM dan pelanggan saling berinteraksi positif demi peningkatan pelayanan PDAM dapat menjawab kebutuhan di atas.

Dalam program kerja IUWASH, peningkatan partisipasi pelanggan termasuk dalam program WS-3 (Water Sector 3) – PDAM Customer Aspects. Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan teknis kepada PDAM untuk membangun wadah partisipasi pelanggan yang positif. Capaian yang diharapkan dari program ini berupa terbentuknya wadah-wadah baru, yang secara tersistem menjadi mitra komunikasi positif bagi PDAM.

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah memfasilitasi peningkatan kinerja PDAM di bidang pelayanan pelanggan yang dinyatakan dalam bentuk keterbukaan dan komunikasi yang aktif dan positif antara pelanggan dengan PDAM. Sementara tujuan khusus dari kegiatan ini adalah membentuk enam (6) forum pelanggan PDAM yang mampu memberikan laporan operasional dan kinerja PDAM dalam kurun waktu 10 bulan.

Pelaksanaan pekerjaan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 8 bulan. Pelaksanaan kegiatan adalah paralel (bersamaan) untuk 6 PDAM di regional Jawa Tengah.

Dana yang dianggarkan untuk pelaksanaan kegiatan ini akan diberikan oleh IUWASH kepada pihak penerima pekerjaan yang dipilih melalui prosedur tender yang kompetitif. Anggaran diperkirakan untuk pekerjaan ini adalah Rp 804.160.000. Grantee dalam mengusulkan anggaran harus menyertakan kontribusi minimal 10% terhadap biaya yang dikontribusikan oleh IUWASH.

Rapat awal sebelum aplikasi akan dilaksanakan Senin, 18 November 2013. Peserta yang tertarik diundang untuk menghadiri rapat awal di atas dengan membawa dokumen RFA.
Tanggal penutupan untuk pengumpulan aplikasi adalah Kamis, 12 Desember 2013 Pukul 16.00 WIB.

APLIKASI YANG TERLAMBAT AKAN DITOLAK

Berikut adalah tautan untuk mengunduh dokumen lengkap IUWASH Grant RFA No. 2013-CJ-004 :


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!