Issuance Date: October 31, 2012
Pre-Application Meeting: November 18, 2013
Site Location Visit: November 18 – 29, 2013
RFA Clarification Questions Due: November 18, 2013
RFA Response to Clarification Due: December 2, 2013
Proposal due date and time: December 12, 2013 at 4:00 pm WIB
Pre-Application Meeting: November 18, 2013
Site Location Visit: November 18 – 29, 2013
RFA Clarification Questions Due: November 18, 2013
RFA Response to Clarification Due: December 2, 2013
Proposal due date and time: December 12, 2013 at 4:00 pm WIB
Project Title: Establishing and/or Developing Cooperation between Customers Forum and PDAMs in 6 Cities/Districts
Sebagai
bagian dari Program Hibah, IUWASH membuka Request for Application (RFA)
untuk Program Peningkatan Partisipasi Pelanggan PDAM. Dukungan berbagai
pihak terutama Kepala Daerah selaku pemilik PDAM dan pelanggan selaku
pihak yang menerima manfaat dari kegiatan PDAM dapat meningkatkan
kualitas pelayanan PDAM. Setiap perubahan kinerja baik peningkatan
maupun penurunan, pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat pelayanan PDAM
dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM.
Dukungan
pelanggan hanya dapat dibangun dengan terjalinnya komunikasi yang baik
antara PDAM dengan pelanggan. Komunikasi yang baik akan menciptakan
kondisi saling memahami kebutuhan, keinginan dan tantangan masing-masing
pihak, yang pada akhirnya akan bermuara pada sikap partisipatif
pelanggan untuk bekerja sama dan mendukung peningkatan kualitas PDAM.
Untuk
meningkatkan partisipasi pelanggan PDAM, idealnya tersedia suatu sistem
komunikasi yang terprogram dengan pembagian peran dan tanggung jawab
pihak-pihak yang terlibat, serta dilengkapi dengan rencana tindak lanjut
yang mengarah kepada perbaikan pelayanan. Sebuah wadah atau forum
tempat pihak PDAM dan pelanggan saling berinteraksi positif demi
peningkatan pelayanan PDAM dapat menjawab kebutuhan di atas.
Dalam
program kerja IUWASH, peningkatan partisipasi pelanggan termasuk dalam
program WS-3 (Water Sector 3) – PDAM Customer Aspects. Program ini
bertujuan untuk memberikan pendampingan teknis kepada PDAM untuk
membangun wadah partisipasi pelanggan yang positif. Capaian yang
diharapkan dari program ini berupa terbentuknya wadah-wadah baru, yang
secara tersistem menjadi mitra komunikasi positif bagi PDAM.
Tujuan
umum dari kegiatan ini adalah memfasilitasi peningkatan kinerja PDAM di
bidang pelayanan pelanggan yang dinyatakan dalam bentuk keterbukaan dan
komunikasi yang aktif dan positif antara pelanggan dengan PDAM.
Sementara tujuan khusus dari kegiatan ini adalah membentuk enam (6)
forum pelanggan PDAM yang mampu memberikan laporan operasional dan
kinerja PDAM dalam kurun waktu 10 bulan.
Pelaksanaan
pekerjaan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 8 bulan. Pelaksanaan
kegiatan adalah paralel (bersamaan) untuk 6 PDAM di regional Jawa
Tengah.
Dana
yang dianggarkan untuk pelaksanaan kegiatan ini akan diberikan oleh
IUWASH kepada pihak penerima pekerjaan yang dipilih melalui prosedur
tender yang kompetitif. Anggaran diperkirakan untuk pekerjaan ini adalah
Rp 804.160.000. Grantee dalam mengusulkan anggaran harus menyertakan
kontribusi minimal 10% terhadap biaya yang dikontribusikan oleh IUWASH.
Rapat
awal sebelum aplikasi akan dilaksanakan Senin, 18 November 2013.
Peserta yang tertarik diundang untuk menghadiri rapat awal di atas
dengan membawa dokumen RFA.
Tanggal penutupan untuk pengumpulan aplikasi adalah Kamis, 12 Desember 2013 Pukul 16.00 WIB.
APLIKASI YANG TERLAMBAT AKAN DITOLAK
Berikut adalah tautan untuk mengunduh dokumen lengkap IUWASH Grant RFA No. 2013-CJ-004 :