PANITIA SELEKSI PENERIMAAN CPNS
SEKRETARIAT JENDERAL DPR RI 2013
SEKRETARIAT JENDERAL DPR RI 2013
Dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang
profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab, diperlukan Pegawai
Negeri Sipil yang kompeten melalui sistem pengadaan yang transparan dan
akuntabel serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk
mewujudkan hal tersebut maka pemerintah akan melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.
Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik
Indonesia membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Warga Negara
Indonesia lulusan S1 dan S2 untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, dengan
jabatan, kualifikasi pendidikan, golongan, dan alokasi formasi sebagai
berikut :
Pelaksanaan tes pelamar umum tidak dipungut biaya
apapun dari mulai pendaftaran online, verifikasi berkas, pelaksanaan
ujian hingga pengumuman kelulusan.
Sekretariat Jenderal DPR RI tidak bekerja sama dengan
pihak Bimbingan Belajar/Bimbingan Tes/Lembaga sejenis manapun yang
menjanjikan kemudahan untuk dapat diterima sebagai CPNS. Jangan percaya pada pihak manapun yang menawarkan dan menjanjikan dapat meluluskan dengan membayar sejumlah uang atau imbalan.
A. KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
Ketentuan Umum
Ketentuan Umum
- Proses seleksi penerimaan CPNS Setjen DPR RI Tahun 2013 ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia.
- Peserta ujian bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi di lokasi yang ditentukan atas biaya sendiri.
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
- Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
- Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
- Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
- Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
Persyaratan Khusus
- Berijazah Magister/Master (S2) dan Sarjana (S1) sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih pelamar.
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal :
- Pelamar lulusan S2 sebesar 3,00 (tiga koma nol nol)
- Pelamar lulusan S1 sebesar 2,65 (dua koma enam lima)
- Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2013 (lahir sebelum 30 November 1995), untuk pelamar S1 setinggi-tingginya 30 tahun (lahir setelah 30 November 1983), untuk pelamar S2 setinggi-tingginya 32 tahun (lahir setelah 30 November 1981); dan
- Nilai TOEFL 400 untuk S1 dan Nilai TOEFL 500 untuk S2 ( pelaksanaan tes TOEFL dalam tahun 2013)
B. TATA CARA DAN SYARAT PENDAFTARAN
- Proses pendaftaran pelamar diakses melalui situs http://cpns.dpr.go.id. mulai tanggal 6 September 2013 pukul 00:00 WIB, sampai dengan 20 September 2013 pukul 24:00 WIB.
- Mengisi formulir pendaftaran secara online dan mencetak fomulir tersebut lalu menandantanganinya dengan tinta warna hitam.
- Setelah mengisi formulir pendaftaran secara online, maka pelamar akan memperoleh nomor pendaftaran.
- Pelamar mengunggah dokumen yang dibutuhkan:
- Pas foto terbaru berwarna berlatar belakang merah. File Foto dalam format JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
- Hasil scan ijazah asli dalam format file JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
- Hasil scan transkrip asli nilai akademis dalam format JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
- Mengirimkan berkas-berkas sebagai berikut:
- Formulir pendaftaran yang telah dicetak yang ditempelkan pada sampul map;
- Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang dapat diunduh dari akun pelamar di situs http://cpns.dpr.go.id;
- Satu lembar fotokopi ijazah berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli);
- Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari dokter instansi kesehatan pemerintah;
- Fotokopi Surat Keterangan Bebas Narkoba dari instansi pemerintah;
- Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemenakertrans) yang masih berlaku;
- Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
- Surat pernyataan yang disyaratkan pada persyaratan umum dan menyetujui ketentuan dan syarat Seleksi CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI, ditandatangani di atas materai Rp.6000,-. Surat pernyataan tersebut dapat diunduh dari akun pelamar di situs http://cpns.dpr.go.id
- pas foto terbaru ukuran 3×4 berwarna berlatar belakang merah sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto ditempel di formulir pendaftaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto;
- Fotokopi sertifikat TOEFL, pelaksanaan TOEFL dilaksanakan dalam tahun 2013; dan
- Fotokopi KTP yang masih berlaku.