loading...

Lowongan Operations Advisor (OA) UPTD KKLD Raja Ampat

PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG
 
Mazars Starling Resources (MSR): MSR adalah sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Bali yang membantu memberikan solusi berkaitan dengan aspek social, ekonomi dan lingkungan dalam pengelolaan sumberdaya alam. MSR melayani klien-klien seperti lembaga donor, lembaga multilateral, dan perusahaan swasta.
 
Bentang Laut Kepala Burung (BHS): BHS di Papua Barat merupakan salah satu wilayah laut dengan keragaman hayati yang tinggi, memiliki lebih dari 1600 spesies ikan karang, dan 600 jenis koral yang sangat penting untuk perlindungan spesies-spesies yang terancam. Terumbu karang dan hutan mangrove di BHS merupakan penyedia pangan, mata pencaharian dan perlindungan bagi 761 ribu masyarakat yang hidup disekitarnya. Ekosistem BHS pada saat sekarang ini sedang terancam kelestariannya.
 
KKLD di Bentang Laut Kepala Burung: Sejak tahun 2005, kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga donor Walton Family Foundation, lembaga Conservation International (CI) dan lembaga The Nature Conservancy (TNC) telah berhasil mengukuhkan lebih dari 3,5 juta hektar kawasan laut untuk menjadi Kawasan Konservasi sepanjang perairan Raja Ampat, Fak-Fak dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.
 
Program Parallel Initiative MSR: Mewakili Walton Family Foundation, program Parallel Initiative bertujuan untuk memastikan bahwa jaringan KKLD di Raja Ampat dikelola dan didanai secara berkelanjutan. MSR akan memberi dukungan langsung dan peningkatan kapasitas kepada UPTD KKLD Raja Ampat agar lembaga ini memiliki struktur, mandate dan kewenangan yang cukup untuk menjalankan visi dan misinya.
 
Operations Advisor (OA) UPTD KKLD Raja Ampat:
MSR saat ini sedang merekrut seorang Operations Advisor (OA) untuk mendukung secara administrasi dan operasional harian UPTD KKLD Raja Ampat.
 
OA akan ditempatkan di kantor UPTD KKLD Raja Ampat di Waisai dan akan membimbing serta mendukung proses pembuatan dokumen rencana bisnis, rencana operasional, rencana kerja dan rencana pengembangan kapasitas yang bekerja sama dengan unsur pimpinan UPTD KKLD, staff LSM senior dan pemangku kepentinan lain yang relevan di pemerintah kabupaten Raja Ampat. OA akan mendukung pelaksanaan tugas harian UPTD seperti: komunikasi, protocol tempat kerja,  rencana kerja, rencana keuangan, pelaksanaan kegiatan dan manajemen serta tugas-tugas lain yang dianggap pentig.
 
Posisi OA adalah posisi penuh waktu (full time) bertempat di Waisai, Raja Ampat selama periode 1 tahun dengan kemungkinan diperpanjang. OA akan melapor secara langsung kepada manajemen MSR di Bali.
 
TUGAS dan TANGGUNG JAWAB
Operation advisor akan melapor secara langsung kepada kantor MSR di Bali and terikat dengan standar dan aturan kantor MSR serta aturan UPTD dan pemerintahan kabupaten Raja Ampat.
 
OA merupakan staf lapangan MSR yang akan diperbantukan di UPTD KKLD sebagai penasihat penuh waktu (full time advisor) yang akan mendukung kegiatan harian UPTD dan berkontribusi dalam memandu proses perumusan tugas-tugas penting seperti membuat perencanaan anggaran, rencana kerja dan lain-lain. Tugas-tugas OA akan mencakup hal-hal yang berkenaan dengan manajemen organisasi (namun tidak terbatas) seperti yang tercantum di bawah ini:
 
 
1. Memantau dan ikut serta membangun protokol manajemen dan protokol proses:
 
Bekerja sama dengan pemangku kepentingan lain, OA akan memfasilitasi pengembangan dokumen-dokumen penting seperti:
-          Rencana bisnis 5 tahun
-          Rencana staff
-          Rencana kerja
-          Rencana anggaran
-          Dokumen keuangan dan administrasi lain yang penting untuk meningkatkan kemampuan UPTD KKLD Raja Ampat
 
 
2. Dukungan Tugas Harian
Memandu dan mendukung seluruh aspek manajemen organisasi harian seperti (namun tidak terbatas pada):  pelaporan keuangan, manajemen kantor, komunikasi, manajemen personalia dan penyelesaian konflik.
 
 
3. Pengembangan Kapasitas Pegawai Pemerintah Daerah
 
·         Membantu pengembangan modul dan materi Lokalatih pengembangan kelembagaan UPTD  (pelatihan rencana bisnis, pengelolaan keuangan, aplikasi komputer dan manajemen kantor)
·         Ikut serta dan membantu pelaksanaan lokalatih pengembangan kelembagaan UPTD.
·         membantu monitoring dan evaluasi lokalatih
 
 
 
 
4. Koordinasi Lapangan
·         Menjalin hubungan dengan Pemerintah Daerah, organisasi mitra BHS, organisasi masyarakat, dan kantor MSR di Bali untuk mendukung efektifitas manajemen kelembagaan jaringan KKLD Raja Ampat
·         Membuat laporan perkembangan mingguan baik tertulis maupun tidak tertulis (verbal) kepada kantor MSR di Bali
·         Sewaktu-waktu diperlukan untuk melakukan perjalanan dinas ke lokasi termasuk Sorong, Manokwari dan Bali.
 
 
KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
·         Sarjana di bidang manajemen atau pengalaman pelatihan yang setara dan berpengalaman dalam hal administrasi, keuangan, dan manajemen organisasi.
·         Berpengalaman merencanakan anggaran, rencana kerja, standard operational procedure, dan dokumen penting lain.
·         Berpengalaman sebagai penasihat dan mengelola sebuah tim.
·         Berpengalaman dengan kerja-kerja mentoring dan memberi masukan pada rekan kerja dalam hal memberikan nasihat pengembangan professional dan kesempatan kesempatan pengembangan kemampuan lainnya.
·         Minimal 6 tahun pengalaman dalam manajemen administrasi, perencanaan keuangan, dan operasional kantor.
·         Pengalaman yang relevan dengan organisasi internasional di Papua Barat serta memahami budaya dan kondisi politis Papua Barat.
·         Memahami aturan hukum yang relevan dengan pengelolaan keuangan Pemda.
 
KOMPETENSI
·         Menunjukkan kemampuan dalam hal kepemimpinan, administrasi, manajemen, pemecahan masalah, diplomasi dan kerjasama dalam tim.
·         Kemampuan dalam hal penganggaran, manajemen staff, dan perencanaan kegiatan.
·         Berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan mampu berbahasa Inggris.
·         Mampu bekerja secara independen dengan pengawasan minimal.
 
CARA MELAMAR
 
Kandidat yang tertarik dapat mengirimkan surat lamaran, CV, rewayat gaji dan conto tulisan sebelum tanggal 30 September 2013 kepada:
 
Ms. Krista Clement
Email: krista.clement@mazarsstarlingresources.com


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!