Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) didirikan
tahun 2006 sebagai sebuah lembaga nirlaba untuk mengembangkan
profesionalisme media dan mengembangkan akses informasi media di
Indonesia dan wilayah di Asia. PPMN melakukan program peningkatan
kapasitas media, memberikan bantuan darurat untuk media di daerah
bencana, dan membuat konten media bersama jurnalis dan media independen.
Untuk menunjang pengembangan sumber daya manusia, PPMN membutuhkan HR – GA Officer dengan kualifikasi sebagai berikut:
Rincian Tugas:
HR
Rekrutmen
- Membuat kualifikasi bersama user terkait kebutuhan akan sumber daya manusia
- Mempublikasikan lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan organisasi
- Membuat analisa kandidat pelamar berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan user
- Mengatur jadual wawancara
- Membuat kontrak karyawan sesuai dengan kebutuhan organisasi
Payroll
- Mengelola database payroll HR sesuai kebutuhan PPMN (yang digunakan di PPMN adalah Omegasoft Payroll)
- Mengajukan pembayaran gaji setiap bulan
- Mengajukan pembayaran honor untuk non karyawan (trainer, konsultan, sewa gedung, translator, dan kebutuhan terkait program lainnya)
- Membuat slip gaji berdasarkan Omegasoft payroll
- Mengelola pengurusan BPJS Kesehatan / Ketenagakerjaan, Tunjangan Kesehatan, Fasilitas Asuransi bagi karyawan sesuai dengan manfaat yang diterima
- Melakukan rekonsiliasi data keuangan dengan Omegasoft payroll HR setiap periode
- Merekonsiliasi data eSPT dengan Omegasoft payroll untuk pajak penghasilan karyawan setiap bulan dengan bagian keuangan
- Membuat perhitungan PPh untuk pihak ketiga yang terlibat dalam kegiatan program (mentor, peserta fellow, narasumber, mitra, dll)
Penilaian Performa Kerja
- Membuat deskripsi tugas setiap karyawan sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya
- Melaksanakan proses penilaian performa kerja bagi karyawan pada periode tertentu (pergantian kontrak, tahunan, atau masa promosi jabatan)
- Merencanakan mengenai sistem penghargaan yang paling tepat sebagai bentuk apresiasi organisasi kepada karyawan (pengembangan kapasitas, kenaikan gaji, promosi jabatan, dll)
Pengembangan Kapasitas
- Merencanakan, menganalisa dan memproses pengembangan kapasitas karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi
Administrasi
- Menyimpan data kepersonaliaan karyawan PPMN
- Melakukan perhitungan absensi karyawan PPMN
- Melakukan perhitungan terkait BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan dan tunjangan kesehatan sesuai dengan manfaat yang diterima karyawan
- Mendaftarkan karyawan PPMN ke dalam polis asuransi, BPJS Kesehatan / Ketenagakerjaan
- Melakukan pembaharuan data karyawan secara berkala
- Memproses segala bentuk pengajuan terkait dengan manfaat yang diterima karyawan ke bagian keuangan
GA
Pengadaan Barang dan Jasa
- Membuat perencanaan dan spesifikasi terkait pengadaan barang dan jasa sesuai kebutuhan organisasi (rutin / kegiatan program) bersama Office Assistant
- Melakukan bidding terhadap 3 vendor untuk pengadaan barang dan jasa
- Membuat kontrak pengadaan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan
- Menyiapkan kebutuhan transportasi dan akomodasi perjalanan dinas yang dilakukan setiap karyawan (tiket pesawat, hotel, sewa kendaraan, dll) sesuai kebutuhan
- Melakukan kontrol terkait proses stock opname aset dan barang promosi milik organisasi bersama office assistant
- Membuat berita acara stock opname apabila diperlukan
- Melakukan pembaharuan data aset dan barang promosi yang dimiliki organisasi
- Mengawasi pelaksanaan perawatan kantor yang berhubungan dengan aset dan non aset (tekhnik)
- Membuat template-template form yang dibutuhkan
- Bertanggung jawab terhadap penyimpanan dan kebutuhan administrasi pembaharuan setiap dokumen-dokumen resmi milik organisasi (surat domisili, akte notaris, surat keterangan terdaftar,dll)
Kualifikasi:
- Minimal Pendidikan Sarjana S1 dari berbagai jurusan, diutamakan dari Psikologi, Hukum atau Manajemen Sumber Daya Manusia
- Memiliki Pengalaman kerja di bidang HR dan GA minimal 3 tahun
- Memiliki pemahaman yang baik mengenai UU Ketenegakerjaan Indonesia
- Mengerti proses penerimaan karyawan dari mulai pembuatan iklan lowongan kerja – proses pembuatan kontrak bagi karyawan
- Mampu membuat dan menganalisa kontrak kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan tidak bertentangan dengan UU Ketenagakerjaan serta perhitungan pajak yang berlaku di Indonesia
- Mengerti perhitungan PPh
- Pernah menggunakan software payroll (lebih diutamakan)
- Berpengalaman melakukan proses pengadaan barang dan jasa
- Mahir dalam mengoperasikan Microsoft Office (minimal word, excel dan power point)
- Mampu bekerja secara personal dan tim
- Mempunyai wawasan luas tentang perencanaan (terkait pada pengembangan karir, fasilitas tunjangan karyawan projek / non projek, pengadaan barang sampai manajemen perusahaan)
- Jujur, dinamis, inisiatif dan memiliki tanggung jawab pada pekerjaannya
Lamaran
dikirimkan melalui e-mail ke kiki@ppmn.or.id dengan subject email :
Vacancy for HR – GA Officer dikirim paling lambat tgl 4 MARET 2016 Hanya kandidat yang masuk seleksi akhir akan dihubungi untuk wawancara.