KONSULTAN KOMUNIKASI DAN KAMPANYE MEDIA
SETAPAK 2
Latar Belakang
Program
SETAPAK 2 merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengurangi
angka deforestasi dan degradasi dan menurunkan emisi gas rumah kaca,
melalui peningkatan tata kelola hutan dan lahan di Indonesia. Program
ini dilaksanan oleh The Asia Foundation dengan dukungan dari United
Kingdom Climate Change Unit (UKCCU). Dalam pelaksanaanya, Program
SETAPAK bekerjasama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan, lembaga
penelitian dan pemerinta sebagai mitra. Kerja sama dengan mitra ini
merupakan salah satu strategi advokasi untuk peningkatan transparansi
dan akuntabilitas, perbaikan kebijakan di bidang tata kelola hutan dan
lahan, penguatan penegakan hukum dan hak-hak masyarakat sekitar hutan,
serta peningkatan pengetahuan masyarakat yang terkait dengan tata kelola
hutan dan lahan.
Program
SETAPAK 2 merupakan kelanjutan dari program sebelumnya, yang telah
terakhir di bulan Juli 2015 lalu. Belajar dari pengalaman dalam
pelaksanaan SETAPAK 1, The Asia Foundation merasakan pentingnya
komunikasi sebagai salah satu strategi dalam menyampaikan informasi
kepada masyarakat luas mengenai pentingnya tata kelola hutan yang
berkelanjutan. Komunikasi dan kampanye merupakan bagian dari upaya
program dalam mengedukasi dan mempengaruhi publik tentang pentingnya isu
tata kelola hutan dan lahan, mengingat kedekatan isu ini dengan
kehidupan masyarakat. Komunikasi dan kampanye juga dapat melakukan
fungsi mediasi, yang akan menghubungkan mitra-mitra SETAPAK 2 pada
khususnya dan khalayak luas pada umumnya.
Media
Sosial sudah menjadi bagian penting dari penyebaran informasi di
Indonesia selama beberapa tahun terakhir, Media sosial tak hanya sebagai
alat untuk bersosialisasi atau pemasaran secara online namun bisa
dimanfaatkan sebagai alat politik untuk berkampanye. Pada pemilu 2014
kemarin, partai politik telah memanfaatkan sosial media ini untuk
menarik minta pemilih guna memilih mereka. Penggunaan social media pada
pemilu 2014 merupakan bukti bahwa kampanye melalui internet dan jejaring
sosial sangat efektif dan berpengaruh luas. Ini akan menjadi komponen
baru dari strategi komunikasi program SETAPAK.
Kampanye
akan dilakukan melalui penggunaan kombinasi media cetak, audio, online,
sosial dan teknologi serupa lainya untuk menyebarkan pesan-pesan kunci
tentang pentingnya tata kelola lingkungan dalam mengurangi deforestasi
dan degradasi lahan serta menanggapi isu-isu terkait setiap hari. Secara
khusus, pesan-pesan tersebut akan disebarluaskan melalui situs berita (www.programsetapak.org),
Facebook, Twitter, YouTube dan alat-alat media lainnya. Kegiatan ini
akan berlangsung dalam kurun waktu satu tahun (dengan kemungkinan
perpanjangn waktu).
Oleh
karena itu, The Asia Foundation memiliki keperluan untuk mencari mitra
sebagai konsultan komunikasi dan media. Peranan strategi komunikasi dan
media akan berguna dalam peningkatan strategi dan perbaikan pendekatan
program SETAPAK 2.
Lingkup Kerja
Konsultan
memiliki tugas untuk menggaungkan pentingnya tata kelola lingkungan
yang baik dalam mengurangi deforestasi dan degradasi lahan melalui media
sosial. Dalam pelaksanaanya diharapkan konsultan dapat merangkul
sebanyak mungkin netizen yang memiliki kepedulian akan hal tersebut.
Beberapa tugas utama konsultan adalah:
- Menciptakan dan mengimplementasikan strategi komunikasi untuk SETAPAK 2.
- Memberikan masukan pada pengelola program SETAPAK 2 mengenai strategi komunikasi yang baik. Serta mengelola dan memelihara semua platform komunikasi SETAPAK 2.
- Menyebarluaskan pesan-pesan kunci SETAPAK 2 dan menyebarkan wawasan yang dikumpulkan secara langsung atau melalui kolom dan artikel melalui situs SETAPAK 2 (www.programsetapak.org)
- Memastikan keamanan aplikasi web untuk website dan media.
- Meningkatkan kesadaran akan pentingnya tata lingkungan yang baik untuk mengurangi deforestasi dan degradasi lahan melalui kampanye media sosial, film pendek (PSA), animasi dan rangkaian kegiatan/acara.
- Memberikan bantuan bagi mitra dari SETAPAK 2 lainnya dengan memberikan pengetahuan tambahan mengenai strategi komunikadi, cara pembentukan dan penulisan opini, pemberitaan dan pelatihan komunikasi melalui pelatikah operator sosial media.
- Dalam pelaksanaan proyek, konsultan akan melakukan perjalan ke beberapa daerah SETAPAK 2, serta berkomunikasi dengan Program Officer SETAPAK 2.
Waktu
Keseluruhan aktivitas ini akan berdurasi selama satu tahun, dimulai dari November 2015 dan akan berakhir pada November 2016
Deliverables
- Menciptakan strategi kampanye media yang terpadu
- Drafting dan Cascading poin komunikasi untuk digunakan pada setiap masalah/keterlibatan, menginstruksikan untuk menggunakan hashtags yang relevan dan tepat dan untuk menandai individu dan organisasi yang diperlukan dalam rangka untuk menarik perhatian.
- Mencari berita terkait lainnya yang hadir peluang untuk menyampaikan pesan-pesan kunci.
- Membuat dan berbagi materi dan panduan mitra pembangunan pada strategi komunikasi dan penggunaan multiple media platform, terutama media sosial, sehingga program dapat dirancang dengan strategi media sosial yang efektif
- Rencana Kerja
- Laporan Kegiatan dan Berkala yang berisi screenshots dan pemantauan comment boards, perkembangan Facebook maupun Twitter, serta mengidentifikasi perkembangan jumlah interaksi media sosial (mentions, comments atau tweets) pada semua platform media sosial SETAPAK 2 maupun beberapa aktivitas kampanye lainnya.
- Memberikan informasi mengenai kegiatan dari mitra kegiatan SETAPAK 2.
- Memelihara dan memperbarui website SETAPAK dan platform media sosial lainnya.
- Laporan terakhir.
Lamaran
TAF
berencana untuk mengadakan bidders’ conference yang bertujuan untuk
memaparkan tentang detail dari kegiatan evaluasi. Bidders Conference
akan dilakukan di kantor TAF pada tanggal 2 October 2015 pada pukul 14.00. Bagi
pihak yang berminat untuk ikut dalam bidders’ conference ini dapat mengirimkan
email yang menyatakan kesediaan dan ketertarikan, dan dikirimkan ke setapak2@tafindo.org dengan mencantumkan pada subyek email: Pernyataan
Menghadiri Bidders Conference, cc ke
dorta.pardede@asiafoundation.org paling lambat per tanggal 30 September 2015.
Setelah
mengikuti bidders conference, pelamar yang berminat dapat mengirimkan
email untuk mengikuti seleksi paling lambat tanggal 18 Oktober 2015 ke setapak2@tafindo.org dengan subyek : Aplikasi Konsultan Media SETAPAK 2.
Pelamar harus melampirkan:
- Cover letter atau resume tentang bagaimana anda memenuhi kriteria seleksi
- Program dan budget description.
- CV calon pelaksana proyek
- Untuk pelamar yang merupakan perusahaan wajib menambahkan copy akta perusahaan
- Gambaran tentang metodologi serta tools yang digunakan untuk pelaksanaan proyek ini, komposisi team, workplan singkat dengan jumlah hari, dan estimasi anggaran.
- Contoh laporan kegiatan yang pernah dibuat