loading...

Yayasan BaKTI Vacancy: Program MAMPU Internal Auditor & Grant Officer - Kawasan Timur Indonesia

Latar Belakang Program

Keterwakilan perempuan di parlemen masih menjadi perbincangan hangat dan perdebatan seru. Meskipun telah banyak perempuan di parlemen dan menjadi pengurus partai politik di semua jajaran, tidak membuat membuat kondisi perempuan lebih baik karena realitas keterwakilan perempuan di parlemen dan partai politik saat ini, dinilai belum merepresentasikan perjuangan kaum perempuan. Banyak perempuan yang dipilih misalnya karena soal ketenaran dan menjadi sekedar pelengkap untuk memenuhi kuota 30% saja. Padahal banyak perempuan-perempuan lain yang sebenarnya punya kemampuan lebih dan tahu persoalan-persoalan perempuan tetapi mereka tidak memiliki akses atau kesempatan untuk terlibat dalam partai politik dan di parlemen.

Dari berbagai sumber kajian akademik terlihat bahwa sampai saat ini, masih banyak daerah yang dalam penyusunan anggarannya belum menerapkan asas-asas responsif gender. Tajuk berita beberapa media regional di KTI di awal 2012 menunjukkan perjuangan para legislator perempuan untuk meloloskan rancangan perda mengenai anggaran yang responsif gender. Sementara di tingkat kementerian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan serta enam kementerian lain sudah menerapkan anggaran yang responsif gender di lingkup kerjanya.

Hal-hal tersebut diatas mendasari Yayasan BaKTI bersama jaringannya mendapatkan dana dari program Maju Perempuan Indinesia untuk pengentasan kemiskinan (MAMPU) mengusung program Penguatan kapasitas anggota parlemen perempuan dalam memperjuangkan kebijakan yang berpihak pada perempuan dan masyarakat miskin”. Program ini direncanakan mencakup 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur Indonesia dan tahun pertama berprogram di Provinsi NTB, Sulsel dan Maluku. Di tahun pertama ini BaKTI bekerja sama dengan Yayasan Arika Mahina di Ambon, LPP Bone di Bone dan LBH Apik di NTB  sebagai sub mitra program MAMPU.

Untuk kelancaran pelaksanaan program, Yayasan BaKTI mencari Internal Auditor & Grants Officer.  Adapun hal-hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  • Memastikan Sub Mitra MAMPU menggunakan Anggaran yang telah disepakati untuk program MAMPU sesuai dengan Standar Operasional Keuangan Sub Mitra.
  • Melakukan pengecekan dan pengujian secara berkala untuk setiap pengeluaran-pengeluaran sub mitra MAMPU.
  • Membuat daftar temuan atau feedback atas hasil pengecekan dan pengujian terhadap pengeluaran-pengeluaran Sub Mitra MAMPU. 
  • Menerima, memeriksa dan memberikan feedback atas laporan pertanggungjawaban bulanan Sub Mitra MAMPU. 
  • Menganalisa dan mendokumentasikan hasil temuan-temuan lapangan dan feedback atas laporan pertanggungjawaban Sub Mitra MAMPU untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam mendampingi Sub Mitra MAMPU. 
  • Memberikan pengarahan dan penjelasan dan mengingatkan kembali Standar Operasional Keuangan Sub Mitra kepada Tim MAMPU provinsi.
  • Bersama dengan Finance Officer MAMPU, memfotokopi, menyimpan semua dokumen-dokumen keuangan Sub Mitra. 
  • Bersama dengan Finance Officer MAMPU, menerima permintaan dana triwulan Sub Mitra dan mengajukan permintaan tersebut ke Departemen Operation Yayasan BaKTI.
  • Membuat Laporan kerja setiap bulan dan menyampaikannya secara regular ke Program Manager MAMPU.
  • Melakukan tugas lain yang diminta oleh Supervisornya.
Kualifikasi yang harus dipenuhi: 
  • Minimum S1 Akuntasi.
  • Berpengalaman minimal 3 tahun dalam bidang Internal Auditor dan/atau Grant Management.
  • Berpengalaman minimal 2 tahun bekerja dalam lingkungan Lembaga/Organisasi Nirlaba.
  • Trampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
  • Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
  • Berinisiatif, bermotivasi dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota Makassar.
Posisi ini adalah perekrutan lokal (tidak ada biaya mobilisasi dan demobilisasi) dan akan disupervisi oleh Program Manager MAMPU dan akan selalu bekerjasama dengan Finance Officer MAMPU dan Departemen Operation Yayasan BaKTI.

Posisi ini akan diadakan hingga tanggal 12 September 2014, dan akan diperpanjang sesuai dengan keberlanjutan Kontrak Kerja antara Donor dengan Yayasan BaKTI untuk Program MAMPU. Staff dalam posisi inipun akan di tinjau ulang dan akan diperpanjang jika menunjukkan kinerja yang telah ditunjukkan.

Silahkan mengajukan Lamaran yang berupa surat ketertarikan (Interest) dan CV terbaru ke operation@bakti.or.id dengan Judul [IA&GO] – Nama Kandidat (misalnya:  [IA&GO] – Andi Suryani) selambat-lambatnya tanggal 14 Mei 2014 jam 17.00 WITA. Bagi pelamar yang tidak memenuhi ketentuan judul dan tanggal serta waktu yang telah ditetapkan, akan langsung di diskualifikasi.

Yayasan BaKTI memberikan kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi akan dipilih berdasarkan prestasi. Tidak ada diskriminasi berdasarkan usia, etnis, jenis kelamin, kecacatan, status soasial ekonomi, dan keyakinan beragama.

Hanya kandidat terpilih yang akan diundang untuk melakukan test tertulis dan wawancara.