Yayasan Cipta Fondasi Komunitas
(CFK) adalah sebuah organisasi sosial kemanusiaan nirlaba untuk pengembangan
masyarakat yang menerapkan perlindungan anak, yang memiliki visi yaitu
sebuah dunia yang di dalamnya terdapat keadilan untuk semua dan kemiskinan
dientaskan, dimana perdamaian dihormati dan terdapat keselarasan antara
Pencipta, manusia, dan lingkungan serta setiap orang mendorong satu sama lain
untuk saling mengasihi dan menghormati dengan misi yaitu CFK bersama masyarakat
meningkatkan kualitas hidup melalui pengembangan masyarakat yang menyeluruh
(holistic).
Yayasan
CFK membuka lowongan pekerjaan secara terbuka bagi semua orang tanpa ada
pembedaan suku, agama, ras dan antar golongan untuk melakukan program
pengembangan masyarakat 2014-2017 (3 tahun) di Sikakap Mentawai-Sumatera Barat
untuk semua posisi dan sektor.
Lowongan pekerjaan yang dibuka adalah sebagai
berikut :
1.
Kordinator
program (1 orang;)
Tugas
utama adalah sebagai
bagian dari Tim Manajemen, membantu Pengembangan
Program Pengembangan
Masyarakat Kepulauan Mentawai dan menolong memimpin karyawan dan Tim Manajemen
dalam melaksanakan program di Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai sesuai Kebijakan dan Strategi
Pengembangan Masyarakat.
Deskripsi tugas adalah sebagai berikut ;
A. Strategi dan Perencanaan Program (10%)
·
BerKordinasi dengan Ketua Yayasan, Konsultan & Tim Kordinator Sektor dalam mengembangkan strategi dan
pelaksanaan program, dana sesuai dengan Pengembangan Masyarakat.
·
Mengkomunikasikan tujuan dan sasaran program di antara sektor program lain
sehingga setiap sektor dapat saling memahami dan memiliki program tersebut.
·
Mengkomunikasikan kepada Ketua Yayasan mengenai perkembangan sektor dan situasi
masyarakat dimana program sektor tersebut dilaksanakan.
·
Memonitor dan mendiskusikan dengan Ketua
Yayasan
perkembangan program dan situasi yang memerlukan perhatian.
B. Kebijakan, Sistem dan
Prosedur Manajemen (10%)
·
Memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesetiaan kepada Misi, Visi,
Nilai – Nilai CFK.
·
Menetapkan dan memonitor pelaksanaan sistem manajemen internal sesuai
kebijakan dan prosedur CFK.
C. Siklus Manajemen Proyek (20%)
·
Mempersiapkan rancangan, proposal
/ dana bersama dengan Tim Kordinator sektor yang lain.
·
Memberikan pengembangan manajemen
dan kepemimpinan kepada Tim Sektor demi keefektifan pelaksanaan dan pencapaian
kerja melalui kegiatan program berdasarkan tujuan dan sasaran program.
·
Memberikan informasi terbaru dan
laporan kegiatan dalam bentuk naratif pada waktu yang telah ditentukan sesuai
dengan format laporan.
·
Berpartisipasi dalam keseluruhan
program dan evaluasi untuk menilai dampak dan manfaat program secara efektif.
·
Mengawasi tim dalam kebutuhan partisipatif / kapasitas & penilaian hal-hal yang rentan,
analisis situasi, desain program dan
usulan / persiapan untuk donor,
institusional dan pihak swasta.
D. Manajemen Keuangan &
Akuntansi (10%)
·
Bekerjasama dengan Manajer Keuangan & Administrasi untuk memastikan
manajemen keuangan sesuai dengan standar sistem dan kebijakan keuangan.
·
Menerima dan menganalisa laporan keuangan dan membantu sektor dalam
mengelola anggaran dana demi tujuan kesamaan, persetujuan anggaran dan /
nasihat untuk menghindari tindakan kesalahan.
·
Memastikan laporan pengeluaran keuangan setiap bulan untuk disesuaikan
dengan pengeluaran yang telah direncanakan.
·
Bertanggung jawab sepenuhnya (dan mendelegasikan kepada orang tertentu)
untuk memberikan upah karyawan.
·
Bertanggung jawab penuh dalam menjalankan fungsi keuangan secara lokal
termasuk pengeluaran kas, bank, dan tanda terima dan tugas lainnya.
E.
Tim Manajemen (5%) :
·
Memimpin, mengelola, mendorong tim serta mengawasi, memandu dan mendidik.
·
Memastikan tim memahami tanggung jawab perorangan dan kelompok demi keamanan,
kenyamanan dan kesejahteraan.
·
Melakukan evaluasi kinerja tim per bulan, tiga bulan dan enam bulan (jika diperlukan), dan mendorong pengembangan diri setiap karyawan (termasuk rencana
pengembangan diri dan identifikasi kebutuhan untuk pengembangan diri).
·
Melakukan wawancara masuk dan keluar karyawan, tindakan disiplin dan
mendengarkan keluhan di wilayah tanggung jawab yang diberikan kepada karyawan.
·
Memastikan seluruh tim saling menghargai sesama rekan kerja, adat istiadat
dan norma – norma yang berlaku di daerah tersebut.
F. Kepemimpinan (fisik, emosi,
spiritual) Holistik (5%)
·
Bertanggung jawab untuk kepemimpinan tim secara holistik untuk
mendukung kesejahteraan mereka secara
holistik dan memahami kesamaan pembangunan karakter.
·
Membangun kekhasan karakter CFK
·
Bertanggung jawab mendukung tim berperan dalam menunjukkan
kepemimpinan mereka secara holistik..
·
Memimpin dan berpartisipasi dalam pelatihan pengembangan holistik dan
karakter untuk dapat diajarkan, direfleksikan, dan berkomitmen secara aktif
mempraktekkan dan menghidupinya sesuai dengan Misi, Visi dan Nilai – nilai
CFK..
·
Hadir di dalam diskusi, pelatihan
dan retreat pembangunan karakter tim secara teratur.
·
Bertanggung jawab memelihara perkembangan rohani
diri sendiri secara
holistik.
G. Manajemen Personal untuk
Program (15%)
·
Memimpin dan mengatur personal dilapangan, mengawasi, memandu dan
mendidik karyawan untuk menunjukkan kinerja dan kesetiaan terhadap strategi dan
prosedur CFK.
·
Memastikan tim memahami tanggung jawab mereka baik secara perorangan
dan kelompok untuk keamanan dan kesejahteraan sembari mengawasi dan mendorong
tetap setia dengan keamanan wilayah, dan prosedur kesehatan dan keselamatan.
·
Membantu Kordinator Sektor mendefinisikan komposisi tim dan struktur organisasi sesuai
dengan struktur pengelompokan HRD CFK.
·
Bersama dengan Manajer Sektor
membantu merencanakan, merekrut, memperkenalkan dan melatih karyawan baru.
·
Membantu HRD/tim Manajemen memahami peraturan dan pelaksanaan daerah serta
kebijakan CFK dalam pelaksanaan mempekerjakan (termasuk upah) untuk karyawan
nasional.
·
Memantau dan menegakkan perilaku staf dan disiplin sesuai dengan
nilai-nilai dan prinsip-prinsip CFK itu.
·
Pastikan bahwa Manajer Sektor melakukan penilaian kinerja secara berkala
dari staf mereka, termasuk penilaian formal setiap enam bulan, dan mendorong
perkembangan pribadi setiap individu (termasuk rencana pengembangan pribadi dan
identifikasi kebutuhan pelatihan).
·
Pastikan bahwa Manajer Sektor melakukan prosedur disiplin dan keluhan
dan wawancara keluar, seperlunya
·
Pastikan bahwa catatan rinci disimpan dan analisis yang terbuat dari
cedera yang berhubungan dengan pekerjaan, kecelakaan, insiden keamanan dan
kematian kepada staf dan memberikan informasi tersebut secara berkala kepada
Manajemen Senior
H. Praktek Baik dan
Pembelajaran Institusi (10%)
·
Membantu anggota tim program untuk memastikan proyek dilaksanakan sesuai
dengan kode etik dan praktik yang baik diterima.
·
Memfasilitasi dan berpartisipasi dalam tinjauan proyek dan evaluasi dan
memastikan belajar dipahami dan disebarluaskan ke lapangan dan donor dan
pemangku kepentingan yang tepat.
·
Mempromosikan dan mendorong keterbukaan untuk belajar dari staf, dan
membantu mengidentifikasi studi kasus / masalah dari pengalaman proyek untuk
analisis, dialog dan kemungkinan penggabungan ke muncul praktik terbaik dan
perumusan kebijakan.
I. Administrasi / Program
Dukungan (5%)
·
Mengawasi Administrator Kordinasi kebutuhan logistik seperti perabot
kantor, peralatan, perlengkapan dan utilitas.
·
Mengawasi Administrator dalam mempertahankan suatu sistem pengarsipan
yang efektif untuk menyimpan dokumentasi proyek.
·
Pastikan tingkat yang memadai dukungan administratif kepada staf proyek
termasuk memberikan hari ke hari dukungan administrasi, pengajuan dokumen,
rekaman dan menyebarkan komunikasi eksternal & internal yang (surat / fax /
e-mail / radio / telepon) melalui mendelegasikan tugas kepada Administrator.
J. Logistik / Dukungan Teknis
(5%)
·
Delegasikan ke fungsi logistik, pemilihan, penyewaan dan pengelolaan
kantor proyek, perumahan dan tempat lain yang diperlukan.
·
Mengawasi fungsi logistik dalam memastikan semua gedung / perumahan
perkantoran akomodasi dan senyawa memiliki langkah-langkah keamanan yang tepat
dan dikelola dan dipelihara.
·
Mengawasi Teknis Logistik untuk memastikan tingkat yang memadai logistik
dan dukungan teknis untuk proyek staf yang diperlukan termasuk pengadaan tepat
waktu dan efektif dari persediaan dan peralatan untuk mendukung intervensi
proyek.
·
Mengawasi pengelolaan aset Program dan mengawasi Logistik Teknis dalam
menyusun dan memelihara akurat, rinci, memperbaharui daftar aset tetap,
memastikan laporan daftar aset bulanan diberikan kepada Kordinator Logistik.
·
Mengawasi Logistik Teknis dalam menjaga sistem manajemen persediaan
komoditas.
·
Memberikan saran Kordinator Logistik pada status sistem teknologi
telekomunikasi dan informasi dan kompetensi staf dalam penggunaan yang benar
(telepon, fax, komputer, email, HF / UHF / VHF radio, duduk telepon.
·
Mengawasi pemeliharaan dan alokasi kendaraan dalam lokasi proyek.
K. Hubungan Eksternal /
Perwakilan (5%)
•
Pastikan persetujuan telah diperoleh dari instansi terkait (baik otoritas
pemerintah maupun informal resmi) untuk melaksanakan suatu proyek tertentu.
•
Menjaga hubungan kerja yang konstruktif dengan perwakilan senior LSM
lain, badan-badan PBB, pemerintah daerah (termasuk otoritas formal dan informal
di mana faksi berlaku) dan menghadiri pertemuan Kordinasi antar-instansi
terkait seperti yang diperlukan.
•
Kebijakan eksternal mempengaruhi (advokasi) kegiatan di lembaga
non-pemerintah kabupaten yang relevan dan pemerintah daerah, antar pemerintah
dan.
•
Memfasilitasi kunjungan sesekali ke situs program dan wilayah proyek
oleh para pemangku kepentingan eksternal, donor dan / atau pendukung CFK.
Spesifikasi Pribadi
A. KUALIFIKASI
Ø Gelar S1 Manajemen, Sosial dan / atau setara
Ø 1 tahun melayani dalam posisi yang sama atau 3 tahun sebagai Manajer
Sektor Program
B.
PENGALAMAN
Ø Pengalaman manajemen terbukti;
Ø Terbukti pengalaman dalam bidang
berikut:
• Pengembangan Masyarakat;
• Desain dan Manajemen Proyek;
• Keuangan & Manajemen Admin;
• Perencanaan Strategis;
• Bekerja sesuai dengan struktur perusahaan, kebijakan
dan praktek;
• Orang Manajemen;
• Donor & Hubungan Eksternal;
Ø Pengalaman memimpin dan memfasilitasi kelompok belajar bangunan holistik
& karakter;
Ø Pengalaman mengelola tim dalam lingkungan yang jauh.;
Ø Manajemen Logistik;
Ø Bekerja dengan Standar SPHERE dan People In Aid dan Palang Merah Kode Etik;
Ø Fasilitas Manajemen;
Ø Bekerja di lingkungan lintas-budaya.
C.
KETERAMPILAN / KEMAMPUAN
Ø Keterampilan
kepemimpinan;
Ø Keterampilan negosiasi dan representasi;
Ø Analitis & keterampilan pemecahan masalah;
Ø Keterampilan komunikasi yang baik tertulis dan lisan dalam bahasa
Inggris & Indonesia;
Ø Kemampuan untuk berkomunikasi percaya diri dan nyaman;
Ø Kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan yang tidak aman dan berubah;
Ø Melek
komputer;
Ø Keterampilan
administratif;
Ø Jaringan;
Ø Menulis laporan;
Ø Keterampilan pelatihan;
Ø Kreatif.
D.
KUALITAS PRIBADI
Ø Karakter moral dan integritas tinggi;
Ø Fleksibel dan mudah beradaptasi;
Ø Kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan;
Ø Bekerja dengan target dan mampu bertahan;
Ø Kesediaan untuk perjalanan dan hidup dalam kondisi dasar;
Ø Seorang
pengembang;
Ø Motivator;
Ø Encourager;
Ø Bersedia untuk melayani dan memprioritaskan kebutuhan orang lain.
2.
Kordinator
Sektor Perkembangan Anak (1 orang);
3.
Kordinator
Sektor Kesehatan (1 orang);
4.
Kordinator
Sektor Penguatan Pemerintah (1 orang);
5.
Kordinator
Perekonomian (1 orang);
Tugas utama Kordinator tiap sektor adalah Mengatur Program Sektor dan memimpin Tim
dalam melaksanakan program di wilayah dusun dampingan sesuai dengan kebijakan dan strategi Pengembangan Masyarakat CFK.
Tugas dan tanggung jawab setiap coordinator sektor
adalah sebagai berikut :
A.
Perencanaan dan Strategi Program (5%)
·
Bekerja sama dengan Kordinator Program, Kordinator Sektor yang lain dan Konsultan dalam mengembangkan strategi dan
pelaksanaan program dan anggaran program sesuai dengan kebijakan pendekatan
Pengembangan Masyarakat CFK.
·
Mengkomunikasikan tujuan dan
sasaran program di antara sektor lain sehingga setiap sektor dapat saling
memahami dan memiliki program tersebut.
·
Mengkomunikasikan kepada Kordinator
Program mengenai perkembangan sektor dan situasi masyarakat di mana program
sektor tersebut dilaksanakan.
A. Siklus Manajemen Proyek
& Pelaksanaan (30%)
·
Memimpin, melatih dan berKordinasi dengan Tim sektor untuk melaksanakan pengkajian
dan pengembangan kapasitas berdasarkan kebutuhan dan analisa situasi.
·
Mempersiapkan rancangan, proposal
/ dana bersama dengan Tim Sektor, Kordinator Program
dan Kordinator Sektor yang lain.
·
Memberikan pengembangan manajemen
dan kepemimpinan kepada Tim Sektor dan tim teknis (Technical Advisor) demi keefektifan pelaksanaan dan pencapaian
kerja melalui kegiatan program berdasarkan tujuan dan sasaran program.
·
Memberikan laporan kegiatan dalam
bentuk naratif dan sesuai dengan format laporan pada waktu yang telah
ditentukan.
·
Berpartisipasi dalam keseluruhan
program dan evaluasi untuk menilai dampak dan manfaat program secara efektif.
B. Anggaran Sektor &
Administrasi (5%)
·
Bekerja sama dengan bagian
Keuangan & Administrasi, memastikan pengelolaan anggaran sesuai dengan standar sistem dan kebijakan finansial.
·
Memberikan laporan keuangan
sektor dan berKordinasi dengan Kordinator Program
dan bagian Keuangan & Administrasi
untuk tujuan kesatuan, persetujuan anggaran dan
/ nasihat untuk menghindari tindakan kesalahan.
·
Laporan pengeluaran keuangan setiap
bulan untuk disesuaikan dengan pengeluaran yang telah direncanakan.
·
Menyusun sistem administrasi,
dokumentasi dan laporan yang efektif.
·
Memastikan tim membuat
administrasi termasuk catatan harian dan laporan kegiatan.
C. Pelatihan Untuk Karyawan Sektor & Masyarakat (20%)
·
Meningkatkan keterbukaan belajar,
dan mengidentifikasi kasus / isu – isu dari analisa program, dialog yang terbuka untuk pengembangan karir dan pribadi tim.
·
Memimpin dan berpartisipasi dalam
pelatihan dan pengembangan kapasitas karyawan dan masyarakat dengan menggunakan
metode “TOT” untuk menambah pemahaman mereka dalam melaksanakan pengembangan
masyarakat.
·
Memimpin dan melatih anggota tim
sektor dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan kode etik dan sikap kerja yang
baik.
·
Memastikan tim mendapat pelatihan mengenai sistem manajemen internal sehingga mereka
dapat memenuhi kebijakan dan prosedur
Yayasan CFK.
D. Kepemimpinan (10%)
·
Bertanggung jawab dalam memimpin
tim sektor dan mendukung perkembangan karir dan karakter mereka.
·
Memastikan tim sektor memahami
nilai- nilai Yayasan CFK dan pengembangan karakter sehingga karyawan mendorong
memiliki komitmen bekerja aktif sembari menghidupi Misi, Visi dan Nilai – nilai Yayasan CFK.
·
Hadir di pertemuan, pelatihan dan
retreat mengenai pengembangan tim dan karakter.
·
Bertanggung jawab terhadap
perkembangan holistik anda sendiri.
E. Manajemen Pribadi & Tim (15%)
` Sebagai line Kordinator:
·
Memimpin dan mengatur seluruh tim sektor, mendorong tim kerja,
mengawasi, memandu, dan mendidik mereka menunjukkan kinerja yang sesuai dengan
strategi dan prosedur Yayasan CFK.
·
Memastikan karyawan memahami tanggung jawab perorangan dan kelompok demi
keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan.
·
Mengadakan evaluasi kinerja tim per-bulan, tiga bulan dan enam bulan (jika diperlukan), dan mendorong pengembangan diri setiap tim (termasuk rencana
pengembangan diri dan identifikasi kebutuhan untuk pengembangan diri).
·
Melakukan wawancara masuk dan keluar anggota
tim, tindakan
disiplin dan mendengarkan keluhan di wilayah tanggung jawab yang diberikan
kepada karyawan.
·
Memastikan seluruh tim saling menghargai sesama rekan kerja, adat
istiadat dan norma – norma yang berlaku di daerah tersebut.
·
BerKordinasi dengan pihak manajemen untuk merencanakan, merekrut,
memperkenalkan, dan melatih seluruh tim sektor sebagaimana yang dibutuhkan.
·
Memonitor meningkatkan etika dan disiplin tim sesuai dengan nilai –
nilai dan prinsip – prinsip Yayasan CFK.
F. Administrasi and Logistik
(5%)
·
Mengatur dan mengawasi kebutuhan
logistik sektor.
·
BerKordinasi bagian Admin untuk memenuhi kebutuhan dan perlengkapan sektor
demi mendukung kegiatan sektor sesuai dengan waktu yang dibutuhkan.
G. Hubungan masyarakat /
Perwakilan (10%)
·
Menjamin adanya persetujuan dari pemerintah setempat (resmi atau tidak
resmi) untuk pelaksanaan kegiatan sektor.
·
Memelihara hubungan yang saling membangun dengan masyarakat, NGO dan
pemerintah setempat (termasuk resmi atau tidak resmi) dan menhadiri pertemuan Kordinasi
dengan badan yang relevan sebagaimana yang dibutuhkan.
·
Mendukung kebijakan eksternal untuk mengadvokasi kegiatan dengan
masyarakat di wilayah dan pemerintah daerah, antar pemerintahan serta badan non
pemerintah.
·
Memfasilitasi kunjungan lapangan dan kegiatan sektor oleh stakeholders, donor dan/ atau yang
mendukung Yayasan CFK.
Spesifikasi
Pribadi Nomor 2-5:
1)
KUALIFIKASI
Ø Gelar D3/S1 Pendidikan
dan/atau yang setara (Kord. Sektor Pengembangan Anak);
Ø D3/S1 SKM dan/atau yang
setara (Kord. Sektor Kesehatan)
Ø D3/S1 Hukum, Sosial dan/atau
yang setara (Kord. Sektor Penguatan Pemerintah)
Ø D3/S1 Manajemen, Ekonomi dan/atau
yang setara (Kord. Sektor Perekonomian)
2) PENGALAMAN
Ø Minimal 1 tahun melayani
dalam posisi yang sama
Ø Pengalaman manajemen terbukti;
Ø Memiliki pengalaman dalam bidang berikut:
• Pengembangan Masyarakat;
• Membuat rencana kerangka kegiatan
• Keuangan & Manajemen Admin;
• Bekerja sesuai dengan struktur organisasi, kebijakan dan praktek;
Ø Pengalaman memimpin dan memfasilitasi kelompok belajar bangunan holistik
& karakter;
Ø Pengalaman mengelola tim dalam lingkungan yang jauh.;
Ø Fasilitas Manajemen;
Ø Bekerja di lingkungan lintas-budaya.
3) KETERAMPILAN / KEMAMPUAN
Ø Keterampilan
kepemimpinan;
Ø Keterampilan
negosiasi dan representasi;
Ø Analitis & keterampilan pemecahan masalah;
Ø Keterampilan komunikasi yang baik tertulis dan lisan dalam bahasa
Inggris & Indonesia;
Ø Kemampuan untuk berkomunikasi percaya diri dan nyaman;
Ø Kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan yang tidak aman dan berubah;
Ø Mengoperasikan komputer
(MS Office);
Ø Keterampilan
administratif;
Ø Jaringan;
Ø Menulis laporan;
Ø Keterampilan pelatihan;
Ø Kreatif.
4) KUALITAS PRIBADI
Ø
Karakter moral dan integritas
tinggi;
Ø Fleksibel dan mudah beradaptasi;
Ø Kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan;
Ø Bekerja dengan target dan mampu bertahan;
Ø Kesediaan untuk perjalanan dan hidup dalam kondisi dasar;
Ø Seorang
pengembang;
Ø Bersedia untuk melayani dan memprioritaskan kebutuhan orang lain.
6.
Keuangan dan administrasi/logistik (1
orang);
Tugas
utamanya adalah Bertanggung jawab melaksanakan tugas yang diberikan Manajer
Keuangan serta Membantu melaksanakan
tugas dari
setiap sektor program yang ada dalam Yayasan CFK. Bekerja sesuai
dengan misi, visi dan nilai – nilai CFK dan menjaga segala sesuatu yang
berhubungan dengan perkembangan dan kebaikan yayasan CFK.
Deskripsi
tugas adalah sebagai berikut :
A. Keuangan
:
Ø Memastikan
prosedur keuangan berjalan baik sesuai dengan SOP di Kantor Mentawai.
Ø Menangani
kas kecil untuk biaya dasar kebutuhan kantor dan program di Mentawai dalam
rangka mendukung kelancaran operasional di kantor Mentawai.
Ø Menangani
pembayaran tunai dan non tunai dalam setiap pembelian dan memastikan bon yang
diterima sesuai dengan uang yang dibayarkan, iuran bulanan listrik,dll.
Ø Membuat
laporan anggaran versus aktual per tiga bulan
dan melaporkannya kepada Manajer Keuangan paling lama tanggal 10 setiap
triwulan.
Ø Menarik uang
dari bank untuk keperluan operasional kantor dan program dan mencatat dalam
laporan.
Ø Memastikan
setiap bon/bukti keuangan asli yang akan dikirim ke kantor Medan lengkap dan
telah di scan sebagai arsip pertinggal di Kantor Mentawai.
Ø Memastikan
kecukupan dana untuk menjalankan program dan operasional di Kantor
Mentawai berjalan baik dengan membuat perkiraan
permintaan uang bulanan paling lama minggu ke-4 dan mengirimkan lewat email ke Manajer
Keuangan cc. Kordinator Program.
B. Sumber
Daya Manusia :
Ø Berkordinasi dengan Kantor Medan yang berhubungan
dengan proses perekrutan, terminasi dan buka lowongan kerja staff.
Ø Memastikan pelaksanaan peraturan internal yayasan
CFK di Kantor Mentawai.
Ø Melakukan perhitungan gaji dan pembayaran gaji serta
tunjangan staff setiap bulan.
Ø Membuat daftar data pribadi staff dan melakukan memperbaharui
yang diperlukan.
Ø Mengurus asuransi dan membayar biaya asuransi staff
bekerjasama dengan Admin Kantor Medan dan memastikan dokumen klaim di scan
sebelum dikirim.
Ø Memindai (scan) setiap kontrak kerja staff dan
menyimpannya dalam komputer atau penyimpanan data eksternal.
C. Logistik
:
Ø Memastikan proses pembelian, penyimpanan dan
pendistribusian barang sesuai dengan prosedur CFK dengan berKordinasi dengan
staf admin jika pembelian di lakukan di Medan.
Ø Mengatur pembayaran dengan Penjual (supplier)
Ø Memonitor dan memperbaharui daftar asset CFK di Mentawai.
D. Komunikasi
:
Ø Memastikan komunikasi yang baik dengan kantor Medan.
Ø Mengirimkan laporan Kas kecil dan Bank per 2 minggu
kepada Manajer Keuangan.
E.
Tugas - tugas lain:
Ø
Menjadi fleksibel dan bersedia untuk membantu
di dalam tugas-tugas lain atau tugas administrasi lain jika diperlukan.
7.
Asisten Keuangan dan Administrasi
(1 orang)
Tugas
utamanya adalah : bertanggung jawab mendukung dan membantu staf keuangan dan administrasi
dalam melaksanakan tugas yang diberikan Manajer Keuangan serta membantu melaksanakan tugas dari setiap sektor program yang ada
dalam Yayasan CFK. Bekerja sesuai dengan misi,
visi dan nilai – nilai CFK dan menjaga segala sesuatu yang berhubungan dengan
perkembangan dan kebaikan yayasan CFK.
Deskripsi
tugas adalah sebagai berikut :
A.
Kasir :
1. Membantu
memastikan prosedur keuangan berjalan baik dan sudah mendapat persetujuan dari Kordinator
Program di Kantor Mentawai.
2. Membantu
menangani kas kecil setiap hari untuk biaya dasar kebutuhan kantor dan program
di Mentawai dalam rangka mendukung kelancaran operasional di kantor Mentawai.
3. Membantu
menangani pembayaran tunai dan non tunai dalam setiap pembelian dan memastikan
bon yang diterima sesuai dengan uang yang dibayarkan misalnya: iuran bulanan listrik, internet dll.
4. Membantu
membuat laporan kas kecil serta
melaporkannya kepada Manajer Keuangan sesuai dengan waktu yang
disepakati
B. Administrasi
:
1. Kelengkapan
Kebutuhan Kantor dan Program:
Ø Menyimpan
semua dokumen keuangan/ administrasi dan memastikan bahwa semua dokumen-dokumen
tersebut tersimpan dengan baik dan terorganisir sesuai prosedur CFK.
Ø Bekerja
sama dengan Manajer Keuangan untuk mendata semua asset CFK
Ø Memantau
persediaan alat-alat tulis dan perlengkapan serta alat kebersihan kantor dan membeli kembali jika dibutuhkan.
Ø Membuat
administrasi surat masuk dan keluar CFK serta membuat surat-surat yang
berkenaan dengan program di CFK (Jika diminta).
Ø Memastikan
adanya penyimpanan dokumen keuangan, administrasi, staf serta program yang tersusun baik dan rapi.
Ø Menjadi
notulen dalam pertemuan internal dan mengarsip hasil pertemuan dengan baik.
2.
Hal-hal
yang dipersiapkan untuk staf/tamu yang akan datang ke Kantor Mentawai:
Ø Pemesanan
tiket staf/tamu PP (jika diperlukan) setelah mendapat persetujuan dari
Supervisor
Ø Pemesanan
penginapan jika di kantor tidak cukup tempat
Ø Menuliskan
jadwal staf/tamu di papan informasi
3.
Hal-hal
yang dipersiapkan untuk staf yang tugas keluar/pelatihan ke luar Mentawai:
Ø Pemesanan
tiket pesawat/darat setelah mendapat persetujuan tertulis dari Kordinator
Program
Ø Menuliskan
jadwal staf di papan informasi
Ø Memberi
uang muka untuk perjalanan dinas sesuai permintaan
4.
Hal-hal
yang harus disiapkan untuk pertemuan, pelatihan/ lokakarya seluruh staf di Mentawai:
Ø Berkordinasi
dengan Kordinator sektor terkait/Kordinator program/Keuangan untuk jadwal
pertemuan dan menuliskan di papan informasi
Ø Mengatur
konsumsi (jika diperlukan) sesuai peserta yang hadir
Ø Menyediakan
perlengkapan yang dibutuhkan saat pertemuan, pelatihan/lokakarya staf.
C. Sumber Daya Manusia :
1. Memonitor daftar hadir staf di Kantor Mentawai.
2. Melakukan mentoring dan member pengarahan kepada pramuwisma
dan koki .
D. Komunikasi
:
1. Melakukan memperbaharui staf 2 kali setahun (Dec dan
Mei)
2. Melakukan memperbaharui
asset 2 kali setahun (Dec dan Mei)
3. Memastikan adanya komunikasi dengan instansi
pemerintah dan terkait dengan CFK (jika dibutuhkan).
Spesifikasi pribadi nomor 6 & 7 :
A.
Kualifikasi :
Ø
Minimal
tamat D3/ S1 Keuangan atau akuntansi.
Ø Memiliki kemauan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang keuangan &
administrasi khususnya dalam proyek pengembangan masyarakat.
B. Pengalaman
Ø Memiliki pengalaman dalam bidang keuangan dan administrasi minimal 1
tahun.
Ø
Berpengalaman bekerja dengan organisasi sejenis ataupun NGO dan berKordinasi
dengan dinas pemerintahan.
Ø Manajemen Logistik.
C. Keahlian/kemampuan
Ø Keterampilan kepemimpinan
Ø Mampu menggunakan komputer MS Office (Word, Excel) dan
internet
Ø Mampu membuat laporan keuangan dan surat menyurat.
Ø Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Ø Mampu bekerja dengan target dan multi tugas.
Ø Mampu menggunakan power
point/corel draw.
Ø Mampu mengetik dengan 10 jari
Ø Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan.
D. Kualitas personal
Ø Memiliki
kemampuan berorganisasi.
Ø Mampu
membuat prioritas dan bekerja dengan banyak tugas serta target.
Ø Inisiatif
dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.
Ø Mampu bekerja dalam tim maupun secara perorangan.
Ø
Kreatif
Ø
Fleksibel
Ø
Detail
Ø
Sifat
tenang dalam suasana tertekan
Pelamar yang tertarik, silahkan mengirimkan CV dan
surat lamarannya dengan mencantumkan posisi yang dilamar ke hr.ycfk@gmail.com
atau ke kantor CFK di Jl. Teuku Umar no. 2B, Medan kode pos 20112. Lamaran
diterima paling lama 2 minggu setelah lowongan pekerjaan ini diumumkan atau
tanggal 18 Mei 2014.