loading...

Lowongan Mentor Ahli Legal Drafting untuk Biro Hukum & Kerjasama BNPB, Jakarta

Mentor Ahli Legal Drafting
Untuk Biro Hukum dan Kerjasama BNPB
 
CDSP - AIFDR
 
 
1. Latar Belakang
Sebagai lembaga regulator di bidang penanggulangan bencana (PB), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki mandat dalam penyelenggaraan regulasi PB sesuai dengan ruang lingkup tugas dan kewenangannya. Setelah lima tahun pembentukannya, BNPB saat ini dihadapkan pada tantangan untuk dapat menyelenggarakan peraturan perundang-undangan terkait PB yang sesuai dan diamanatkan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, baik aspek substansi maupun prosedural formalnya. Hal ini disebabkan selain karena kebutuhan masyarakat dan dinamika peraturan di kementerian/lembaga yang berkaitan dengan PB, juga karena seiring bertambah banyaknya peraturan perundang-undangan yang telah dikeluarkan, BNPB menyadari perlunya penataan kembali. Kapasitas di bidang penyelenggaraan peraturan perundang-undangan di lingkungan BNPB untuk menghindari konflik hukum yang potensial terjadi dikemudian hari atau untuk mengatasi persoalan tumpang tindih peraturan di lingkungan internal BNPB saat ini menjadi suatu keniscayaan. Pembelajaran atas pelaksanaan peraturan-peraturan yang telah dikeluarkan juga mendorong BNPB untuk melakukan pembenahan segera.

Dengan dukungan kemitraan bilateral Australia – Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) melalui program asistensi teknis Capacity Development Support Program (CDSP) yang saat ini dilaksanakan di Biro Hukum dan Kerjasama (BHK) BNPB, sedang diinisiasi penguatan kapasitas dalam hal penyelenggaraan kebijakan PB, salah satunya dalam hal penyusunan dan perancangan peraturan perundang-undangan (legal drafting). Oleh karena itu, diperlukan ahli legal drafting yang berpengalaman dan mampu menjadi Mentor Ahli untuk ditempatkan di BNPB.

2. Tujuan
Memperkuat kapasitas BNPB dalam penguasaan legal drafting untuk penyelenggaraan peraturan perundang-undangan di bidang PB.
 
3. Tugas dan Tanggung Jawab
Mentor Ahli Legal Drafting akan terlibat dalam keseluruhan kegiatan pada Output 2: Meningkatnya Kemampuan BNPB Dalam Legal Drafting”. Kegiatan asistensi teknis untuk Biro Hukum dan Kerjasama yang sudah dirancang untuk tahun 2013-2014.
Mentor Ahli Legal Drafting akan mendukung Konsultan Disaster Management Legal Drafting Specialist dan tim yang dibentuk Biro Hukum dan Kerjasama BNPB untuk:
 
1.      Menyusun rencana kerja pelaksanaan output.
2.      Mengembangkan modul pelatihan legal drafting sesuai kebutuhan dan karakteristik BNPB sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian setingkat menteri.
3.      Memfasilitasi pelatihan legal drafting berdasarkan modul yang telah disusun dan disepakati.
4.      Mendampingi pelaksanaan rencana tindak lanjut pelatihan.
5.      Terlibat dalam menyusun pembelajaran pelatihan legal drafting bersama BNPB.
 
 
4. Kriteria
 Kualifikasi utama
1.      Berpendidikan minimal Sarjana Hukum, dapat menujukkan kualifikasi di bidang Ilmu Perundang-undangan lebih diutamakan.
2.      Pengalaman kerja keseluruhan 10 tahun di bidang kebijakan publik/hukum pada umumnya
3.      Memiliki keterampilan analisis, analisis wacana, kompilasi data, penyusunan laporan dan presentasi.
4.      Menguasai pengetahuan secara memadai tentang peran BNPB sebagai lembaga regulator bidang PB di Indonesia.
5.      Memiliki pemahaman memadai tentang peraturan perundang-undangan terkait PB di Indonesia.
 
Kualifikasi umum
1.      Memiliki keterampilan berkomunikasi dan fasih berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
2.      Mampu mengoperasikan piranti lunak Microsoft Office dan Internet.
3.      Perhatian terhadap hal-hal yang rinci.
4.      Mampu bekerja dibawah supervisi minimum.
 
Kualifikasi tambahan
1.      Berpengalaman melakukan pembimbingan (coaching) untuk program pengembangan kapasitas maupun fasilitator pendidikan/pelatihan setidaknya selama 5 tahun.
2.      Memiliki pengalaman bekerja sama dengan lembaga/pejabat pemerintah, lebih disukai jika juga berpengalaman bekerja dengan lembaga donor.
 
 
5. Informasi Terkait Lainnya
Posisi ini adalah posisi dengan basis kontrak selama 3 (tiga) bulan, berbasis output, dan secara reguler kemungkinan akan diperlukan untuk bertemu baik dengan Konsultan AIFDR di BNPB dan atau BNPB Jakarta.
 
Bagi Anda yang tertarik dan sekiranya memenuhi kriteria di atas, dapat mengirimkan surat lamaran dengan memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa Andalah yang paling cocok untuk posisi ini, mengirimkan Curriculum Vitae dengan jumlah halaman tidak lebih dari 4 (empat) halaman sekaligus berisi setidaknya tiga orang referensi beserta kontaknya. 

Kirimkan surat lamaran lengkap tersebut melalui email ke: hrhklogistics@yahoo.com dengan menuliskan  Aplikasi – Mentor Ahli Legal Drafting  – <Nama>  pada subyek emailnya. Lamaran ditunggu paling lambat tanggal 19 Februari 2014. Surat lamaran yang terlambat dan tidak lengkap tidak akan diproses lebih lanjut. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dihubungi untuk diwawancara di Jakarta.