loading...

Request for Proposal: Konsultan Pengembangan Rencana Bisnis Kakao dan Mentoring

TENTANG OXFAM

OXFAM adalah konfiderasi internasional, terdiri dari 17 organisasi atau afiliasi yang bekerja sama dalam jaringan gerakan perubahan global di 94 negara untuk mencapai visi menjadikan dunia tanpa kemiskinan dan sebagai mitra yang kuat bagi komunitas lokal dan global untuk perubahan.

COCOA BUSINESS PLAN DEVELOPMENT AND CACAO MARKET MAPPING WITH GENDER ANALYSIS CONSULTANT

Papua Enterprise Development Program (PEDP) adalah salah satu dari program pembangunan yang dikerjakan OXFAM dan mitra di provinsi Papua, yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang berdampak bagi kehidupan sosial melalui pengembangan kewirausahaan (enterprise).

Pendanaan untuk Program PEDP bersumber dari New Zealand Government (NZAID) melalui Oxfam NZ yang dananya dikelola oleh Oxfam di Indonesia. PEDP di implementasikan di 5 kabupaten di Provinsi Papua dengan fokus komoditas dampingan yang berbeda yaitu Kabupaten Kepulauan Yapen (vanilla dan sayur-sayuran), Nabire (Kopi), Paniai (Kios), Jayapura (Kakao) dan Jayawijaya (Ubi).

Pada implementasi program, OXFAM bekerja bersama dengan 5 lembaga mitra yang masing-masing mengelola satu jenis kewirausahaan dampingan. Di Jayapura dengan enterprise dampingan kakao, Oxfam bekerja bersama Yayasan Konsultasi Pemberdayaan Rakyat Papua (KIPRA) untuk mengupayakan restorasi kakao di dua kampung yaitu Kampung Kwansu di Distrik Kemtuk dan Kampung Hamonggrang di Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Proyek ini mendampingi dan memfasilitasi peningkatan kapasitas dan kemampuan 74 petani kakao dari 3 kelompok tani kakao dengan mendorong keterlibatan aktif dari pemerintah kampung, pihak adat, dinas pertanian dan perkebunan, akademisi dan juga pengusaha kakao. Berbagai media pembelajaran dan forum dibentuk untuk memastikan dan memfasilitasi pengembangan kapasitas misalnya melalui inisiasi Sekolah Lapang kakao, pembentukan kelompok pemasaran bersama (collective marketing), forum belajar kakao masyarakat, Rumah Informasi kakao dan juga multi-stakeholder kakao (Forum Kakao Jayapura).

Untuk memastikan dukungan yang tepat dan mendorong pengembangan kewirausahaan, Rencana bisnis kakao dan pemetaan pasar kakao dan analisa berperspektif gender (cacao gender market mapping and analysis) sangat diperlukan sebagai panduan utama bisnis. Rencana bisnis kakao akan digunakan sebagai panduan rencana manajemen dan rencana operasional bisnis kakao yang berkelanjutan dan menguntungkan. Untuk itu, Oxfam mengundang proposal konsultansi dari lembaga/perseorangan yang kompeten untuk pembuatan rencana bisnis kakao dan pendampingan (mentoring) lembaga mitra pendamping.

Tujuan
  • Membuat rencana bisnis kakao dan melakukan pemetaan pasar serta analisis pasar kakao yang berberspektif gender dengan melibatkan petani kakao dampingan, mitra, pemerintah dan pelaku bisnis kakao di tingkat lokal, regional maupun nasional yang relevan.
  • Memberikan pelatihan dasar tentang strategi pemasaran bersama (collective marketing strategy) terhadap kelompok tani kakao dampingan proyek.
  • Memberikan rekomendasi teknis dan kebutuhan pengembangan kapasitas (capacity building) untuk petani dan mitra untuk memastikan keberlanjutan bisnis dan enterprise kakao yang mandiri.
  • Memberikan pendampingan (mentoring) kepada mitra (KIPRA) secara regular untuk memastikan implementasi/operasionalisasi rencana bisnis dan memberikan saran-saran teknis untuk pengembangan bisnis kakao masyarakat.
Tugas Utama
  • Merencanakan, memimpin dan melakukan pengkajian/pemetaan pasar kakau dan analisa gender serta pembuatan rencana bisnis kakao, termasuk sistem informasi tataniaga kakao.
  • Memberikan pelatihan dasar tentang strategi pemasaran kakao bersama kepada kelompok tani kakao, terutama strategi pelibatan perempuan dalam kegiatan proyek dan unit usaha.
  • Memberikan rekomendasi teknis dan perencanaan kebutuhan pengembangan kapasitas (capacity building needs) untuk petani dan mitra pendamping.
  • Memberikan pendampingan regular (mentoring) kepada mitra pendamping, termasuk memberikan saran teknis untuk memastikan rencana operasional berjalan dan diimplementasikan sesuai
Hasil yang diharapkan
  • Hasil pemetaan dan analisa sistem informasi tataniaga kakao di tingkat lokal, regional dan nasional
  • Rencana bisnis kakao yang tepat untuk tiga kelompok tani kakao di dua kampung dampingan PEDP, termasuk rencana dan strategi pemasaran kakao
  • Rencana pengembangan kapasitas untuk petani kakao.
  • Laporan reguler pendampingan dan laporan akhir pendampingan (mentoring)
Mohon untuk mengirimkan proposal paling lambat tanggal 19 Agustus 2013, mencakup :
  • Workplan
  • Budget, termasuk biaya perjalanan ke Jayapura, akomodasi dan seluruh out of pocket expenses
  • Curriculum Vitae anggota tim yang terlibat
Via email ke : jayapura[at]oxfam.org.uk dan cc ke
btampubolon[at]oxfam.org.uk
Atau via pos ke alamat :
Oxfam
Up. Bastian Tampubolon
Jl. Halmahera no. 11 Dok 5 Atas, Jayapura – Papua


LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!