loading...

Lowongan Kerja Village Facilitator - Frankfurt Zoological Society, Jambi

Frankfurt Zoological Society (FZS), adalah sebuah organisasi lingkungan non profit bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati hutan tropis yang luar biasa di lanskap Bukit 30 melalui partisipasi aktif dari masyarakat setempat dan semua pemangku kepentingan.

FZS meyakini bahwa masyarakat setempat adalah penerima manfaat paling penting dari ekosistem yang sehat dan juga bisa menjadi ancaman bagi kelestarian fungsi ekosistem. Melalui pemberdayaan masyarakat diharapkan akan terjadi keseimbangan ekosistem antara perlindungan dan pemanfaatan sumber daya alam. 

Tujuan utama dari pekerjaan ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat desa dalam upaya memperbaiki tingkat kehidupan sosial ekonomi dan lingkungan dengan memberikan pengetahuan praktis mengenai sustainable livelihood, pengorganisasian kelompok dan perlindungan sumber daya alam melalui kegiatan penguatan kelembagaan yang ada di desa.

Saat ini FZS membutuhkan seorang “Village Facilitator” untuk jangka waktu kontrak 1 tahun (dengan kemungkinan perpanjangan) yang akan bekerja dan tinggal di desa-desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tebo, Propinsi Jambi.
Cakupan tugas Village Facilitator adalah sebagai berikut:
 
  • Target atau sasaran kegiatan adalah masyarakat yang ada di desa di lanskap Bukit 30 yang terdiri dari kelompok-kelompok non formal (kelompok tani, perempuan) dan kelompok formal (lembaga desa). 
  • Merancang dan menyelenggarakan kegiatan workshop/pelatihan teknis mengenai managemen kelompok, usaha ekonomi produktif alternatif, budidaya pertanian dan kebun, perencanaan desa, dan peraturan desa.
  • Mengkomunikasikan rencana dan implementasi kegiatan kepada semua stakehoder terkait di sekitar desa.
  • Memfasilitasi pertemuan-pertemuan kelompok dalam menyusun rencana kegiatan dan mendorong agar rencana kegiatan tersebut terlaksana termasuk pertemuan rutin bulanan.
  • Menyusun rencana pengembangan kegiatan di desa.
  • Membuat laporan bulanan kepada supervisor.
Kualifikasi yang dibutuhkan adalah Sarjana Kehutanan/Lingkungan/Social Science yang telah memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja; mampu berkomunikasi dengan baik dengan seluruh pihak; mampu bekerja sama dalam tim; dan mampu bekerja dengan fasilitas yang terbatas. 

Bagi anda berminat silakan kirim applikasi, CV (sertakan foto) dengan mencantumkan VF APPLICATION sebagai judul email kepada: teresia_forestry@yahoo.co.id selambatnya tanggal 20 Januari 2013 jam 17.00 wib.

LOWONGAN KERJA NGO: Dapatkan Informasi Melalui Email Anda. Click Subscribe Now!